Sekarang tanggal : 22nd October 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 18.00 , Minggu libur
Home » Blog » Memilih Mainan Edukatif Berdasarkan Umur Anak

Memilih Mainan Edukatif Berdasarkan Umur Anak

20 October , 2012 , Category : Blog

Bagaimana anda memastikan bahwa mainan edukatif yang akan anda beli itu cocok untuk anak anda? Tidak ada jaminan bahwa mainan edukatif tersebut cocok untuk anak-anak. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mainan edukatif sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa pilihan anda akan diterima dengan baik dan senang oleh anak anda.

mainan edukatifPertama adalah megevaluasi tahap perkembangan anak sehingga sebagai orang tua akan tahu seberapa mampu dan berkembangnya anak terhadap sebuah mainan edukatif yang dibeli. Mainan edukatif yang terlalu rumit dapat menyebabkan rasa frustasi, dan jika terlalu mudah pun akan membuat anak merasa bosan dan tidak akan cukup menantang untuk mendapatkan perhatian darinya.

DI bawah ini adalah pedoman umum untuk jenis mainan edukatif anak yang lebih cocok untuk tahap perkembangan dari bayi sampai dengan 3 tahun. Informasi ini ditujukan kepada anda agar menjadi panduan untuk memulai memilih mainan edukatif yang cocok berdasarkan usia anak. Gunakan informasi ini sehingga nantinya jika anda beli mainan edukatif akan cocok dengan usia anak anda.

Mainan Edukatif Bedasarkan Umur

Perkembangan bayi dimulai dari baru lahir sampai usia 5 tahun adalah usia emas untuk anak anda. Usia 1 tahun dengan usia 2 tahun atau 3 tahun dan 4 tahun tentu saja berbeda dalam tahap perkembangannya dan begitu juga untuk mainan yang diberikan juga pastinya berbeda. Berikut ini adalah informasi mengenai mainan edukatif anak yang cocok berdasarkan usia:

Mainan pada usia baru lahir sampai 3 bulan

Pada umur ini, bayi belum dapat berbuat banyak tetapi indra mereka sangat sensitive untuk rangsangan yang diberikan. Mainan edukatif yang memiliki pola warna yang cerah akan menarik perhatian anak-anak kecil. Bayi dapat melihat warna sejak lahir, tetapi mengalami kesulitan dalam membedakan antara nada yang sama. Pada usia ini sebaiknya anda tidak perlu membeli banyak mainan karena banyak barang atau peralatan dirumah yang bisa digunakan untuk mainan. Hal yang paling utama dalam usia ini adalah belaian dan berikan juga nyanyian.

Mainan pada usia 3 bulan sampai 6 bulan

Pada umur ini, bayi anda akan mendapatkan kendali terhadap kepala yang lebih baik dan memiliki gerakan yang lebih baik dari tangan dan kaki. Mereka umumnya akan memegang apa saja yang dapat dipegang dan memasukannya ke dalam mulut mereka. Mainan edukatif seperti kerincingan dapat membantu perkembangan motorik dan memberikan rangsangan sensorik. Memberikan bayi anda mainan yang dapat dikunyah dan lembut dapat membuat anda senang karena seperti pada umumnya di usia ini anak akan senang memasukan segala macam benda ke dalam mulutnya. Mainan edukatif yang cocok untuk usia ini adalah mainan yang memiliki banyak tombol dan menghasilkan suara serta lampu yang kedap-kedip.

Mainan pada usia 6 bulan sampai 1 tahun

Pada usia ini, bayi Anda memiliki kontrol yang lebih baik terhadap lengan dan gerakan kaki. Usia 9 sampai 10 bulan, bayi Anda harus mampu bergerak dengan beberapa cara seperti menarik, merangkak, atau scooting. Pada usia 12 bulan mereka harus mampu berdiri sendiri dan bahkan akan mulai belajar berjalan. Mainan pendidikan seperti rancang bangun balok yang terbuat dari balok kayu yang dapat disusun dan dirobohkan serta dapat dilempar merupakan pilihan mainan edukatif yang sangat cocok. Pada usia 12 bulan, balok kayu edukatif dapat digunakan untuk bermain rancang bangun untuk mengembangkan keterampilan motorik, konsep sebab dan akibat, sensorik dan stimulasi visual. Mainan edukatif seperti bowling kayu dapat memberikan stimulasi besar dengan tekstur yang berbeda. Setelah bayi belajar duduk, mereka akan menikmati menggulirkan bola dan mencoba untuk menangkapnya. Membiarkan bayi Anda mengejar bola akan mendorong anak anda agar terus dapat bergerak dan aktif. Pada saat bayi Anda berusia 12 bulan, mereka akan mulai menikmati kegiatan penumpukan, meskipun mereka akan membutuhkan bantuan dalam usahanya untuk mendapatkan urutan yang benar. Rekomendasi mainan : rancang bangun balok, bowling kayu.

Mainan pada usia 1 tahun sampai 2 tahun

Pada umur ini, setiap langkah bayi Anda menjadi lebih mandiri dan percaya diri.
Anak anda akan menghabiskan banyak waktu setelah bangun tidur untuk menjelajahi dan bereksperimen. Balita dapat menemukan banyak cara untuk membuat suara-suara keras. Alat musik seperti kolintang, drum dan rebana adalah mainan edukatif yang akan membantu mereka untuk menghargai music dan semerntara mereka membuat kebisingan. Mainan puzzle pun cocok untuk dimainkan dimana balita akan mengangkat potongan-potongan puzzle dan menemukan tempat yang tepat untuk menempatkan puzzle itu kembali. Mainan puzzle dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan melatih daya pikir dan kreatifitas.
Rekomendasi mainan : Kolintang, puzzle kayu, buah potong, menjahit

Mainan pada usia 2 tahun sampai 3 tahun

Pada umur ini, keterampilan motorik balita anda sekarang sudah berkembang dengan sangat baik. Mereka bisa berlari, melompat dan memanjat. Fokus pengembangan dalam tahap ini adalah bicara dan bahasa. Bermain imajinatif menjadi permainan yang sangat bagus untuk kelompok usia ini. Puzzle dengan potongan besar adalah salah satu mainan edukatif yang sangat cocok untuk dimainkan karena akan mendorong kreatifitas dan imajinasi. Anak-anak pada usia ini harus mampu menyelesaikan potongan puzzle 4 sampai 6 secara sendiri. Puzzle adalah mainan yang dapat membantu untuk membangun koordinasi tangan-mata, pemecahan masalah, dan keterampilan motorik halus.
Rekomendasi mainan : Puzzle, Kereta Bongkar Pasang, mobil balok

mainan edukatif

Kata kunci dari Search Engine untuk Artikel ini adalah:

Jenis mainan anak,mainan untuk anak 2 tahun,yhs-fullyhosted_003,permainan anak umur 2 tahun,gambar mainan anak anak,mainan untuk anak usia 2 tahun,permainan anak usia 2 tahun,mainan anak usia 6 bulan,perkembangan anak usia 2 tahun,ape bowling usia 2 tahun

Cara Kreatif Membuat Mainan Anak

18 July , 2014 , Kategori : Blog

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang bagaimana caranya untuk membuat mainan anak secara kreatif. Pada dasarnya ada 3 langkah yang bertujuan untuk memungkinkan anak-anak memanfaatkan otak kiri (pemikiran logis), otak kanan (berpikir kreatif) dan tangan (gerakan). Cara... baca selengkapnya

Membeli Mainan Edukatif di Toko Mainan Online

30 June , 2014 , Kategori : Blog

Pada tahap bayi baru lahir adalah yang paling penting karena perkembangan masa depan anak tergantung pada tahap ini. Perkembangan anak akan menentukan kepribadiannya secara keseluruhan menuju kedewasaan. Oleh karena itu, orangtua harus selalu menjaga dan membimbing mental, perubahan fisik,... baca selengkapnya

Cara Memilih Mainan Edukatif Dengan Benar

25 May , 2014 , Kategori : Blog

Ketika anda sedang memilih mainan edukatif atau alat peraga edukatif untuk anak anda maka pertimbangkan juga faktor keamanan dan area perkembangan anak anda. Setiap anak harus mendapatkan beragam pengalaman belajar dari banyak jenis mainan yang tersedia. Baca dan gunakanlah... baca selengkapnya

Mainan Edukatif Terbaik Untuk Anak

14 April , 2014 , Kategori : Blog

Dengan perkembangan teknologi saat ini, telah terjadi perubahan besar dalam cara pendidikan yang dilihat sekarang. Pada beberapa tahun lalu, pendidikan dikaitkan dengan buku teks saja yang sering memberikan kebosanan bagi anak kecil yang ingin bersenang-senang. Proses belajar yang hanya... baca selengkapnya

Mainan Balok Untuk Anak Usia 4 dan 5 tahun

26 January , 2014 , Kategori : Blog

Bagaimana anda dapat memilih mainan balok kayu yang sempurna untuk anak umur 4 dan 5 tahun di saat pra sekolah? Lihatlah bagaimana mereka bermain dengan balok kayu dan anda akan segera mengetahui apa yang anda butuhkan untuk mainan susun... baca selengkapnya


Telp/SMS : 085788777755 Telp/SMS : 085788777755 Pin BB : 2A42DCEE pelangimainan@yahoo.com